Puluhan Umat Budha Ikuti Uposatha Mandala Puja

MAGELANG, KRJOGJA.com – Rangkaian kegiatan ritual atau religi Uposatha Mandala Puja dilaksanakan di areal samping Pos Kenari Zona 1 Candi Borobudur Magelang, Kamis (10/6/2021). Puluhan umat Budha mengikuti kegiatan ini, termasuk kegiatan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur sebanyak 3 kali dengan sikap anjali.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penyalaan lilin Bhikku Sangha, pembacaan paritta, meditasi, pradaksina, pesan kemudian kembali lagi ke lokasi di bawah pepohonan yang ada di dekat Pos Kenari Zona 1 Candi Borobudur.

Kegiatan ini sempat memperoleh perhatian pengunjung Candi Borobudur. Tidak sedikit diantara pengunjung yang baru pertama ini melihat ritual ini, khususnya saat kegiatan pradaksina. Diantara pengunjung juga ada yang langsung mengabadikan kegiatan ini menggunakan handphone (HP) yang dibawanya. Beberapa pengunjung dari Magetan Jawa Timur dan Sulawesi Selatan membenarkan baru kali ini ia berkunjung ke Candi Borobudur dan menyaksikan kegiatan yang dilakukan puluhan umat Budha tersebut.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan Uposatha Mandala Puja. Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali dalam sebulan, yaitu setiap tanggal 1 dan 15 Lunar,” ujar penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang, Saring kepada KRJogja.com di sela-sela rangkaian kegiatan.

BERITA REKOMENDASI