Punya 10 Kamar Kos, Pemilik Wajib Membayar Pajak Daerah

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Selain memiliki kewajiban moril dengan cara menjaga ketertiban rumah kosnya, para pemilik rumah kos di Kebumen juga memiliki  kewajiban materil yang harus dipenuhi. Yaitu, membayar pajak daerah  sesuai ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kebumen nomor 1 Tahun 2012 tentang Pajak Hotel.

"Kewajiban membayar pajak daerah itu berlaku bagi rumah kos yang memiliki 10 kamar atau lebih," ujar Kabid Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah Satpol PP Kebumen, Sugito SIP, di Kebumen, Selasa (11/09/2018).

Menurut Sugito, kendati perda tersebut sudah mulai berlaku sejak tahun 2013  lalu, namun banyak yang belum mengetahui ketentuan tersebut. "Karena itu, dalam pembinaan terhadap 74 pemilik rumah kos yang kami undang minggu lalu ke kantor kami, kami sampaikan tentang kewajiban membayar pajak  daerah ini," ujar Sugito.

Seiring dengan semakin banyaknya pendatang dari luar Kebumen yang bekerja di Kebumen, jumlah rumah kos di Kebumen terus bertambah setiap tahunnya.Termasuk, rumah kos yang memiliki kamar lebih dari 10 buah. Dengan alasan itulah, Satpol PP terpanggil untuk memantau pengelolaan rumah-rumah kos tersebut dari sudut aturan hukum yang berlaku di Kebumen. Adapun kewajiban lain pemilik kos di Kebumen adalah memiliki perizinan 
sesuai ketentuan seperti IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Limbah). 

"Juga, menjaga ketertiban umum di lingkungan sekitar, selalu menjaga etika
agama, moral dan sosial serta rutin melaporkan penghuni kost kepada aparat
setempat," ujar Sugito.(Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI