Purna Tugas, Jumlah ASN Purworejo Semakin Terbatas

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Jumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus berkurang. Menyusul banyaknya ASN yang memasuki masa purna tugas. Sementara penerimaan ASN baru sebagai regenerasi sangat terbatas, dan hanya bergantung pada pemerintah pusat.

“Jika dilihat dari kebutuhan, ASN kita sangat terbatas. Mereka yang memasuki masa purna tugas setiap tahunnya terus bertambah, sementara penerimaan ASN belum sesuai kebutuhan,” kata Ketua KORPRI Kabupaten Purworejo Drs Agus Busi Supriyanto MSI, Sabtu (2/3/2019).

Usai pemberian tali asih kepada para anggota KORPRI yang purna tugas di ruang Arahiwang Kantor Bupati setempat Agus Budi Supriyanto menjelaskan, bahwa jumlah ASN di Purworejo yang sebelumnya mencapai sekitar 12 ribu orang, kini tinggal sekitar 50 persennya lebih. Ini sudah termasuk guru SLTA yang kini menjadi tanggungjawab pemeraintah provinsi (Pemprov), juga unit pelaksana teknis lainnya yang juga diakomodir Pemprov maupun pemerintah pusat.

“Dengan pengalihan status menjadi ASN provinsi atau pusat ini maka ASN Pemkab semakin terbatas lagi,” tambahnya.

Hanya saja kekurangan ASN ini sekarang terbantu dengan perangkat teknologi atau Informasi Teknoligi (IT), dimana ASN dituntut untuk menguasainya. “Sistem IT ini sangat membantu sekali, sehingga meskipun tenaga ASN semakin terbatas, namun masih bisa melaksanakan tugas-tugasnya,” jelas Agus Budi Supriyanto.

Sementara itu tali asih ASN disampaikan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM kepada 123 ASN purna tugas hingga bulan Desembter 2018. Masing-masing menerima Rp 500 ribu. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI