Purworejo Bentuk TRC Perlindungan Anak

PURWOREJO (KRjogja.com) – Masyarakat Kabupaten Purworejo membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Perlindungan Anak. Lembaga ini dinilai sangat mendesak mengingat kekerasan terhadap anak semakin meningkat. Termasuk kekerasan seksual yang kini menjangkit di hampir semua lini kehidupan di masyarakat.

Tim ini dibentuk Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Nasional. “Kami akan membentuk TRC ini di seluruh Indonesia hingga tingkat RW,” kata Naomi Melania selaku Koordinator Perlindungan Anak Indonesia pada Komnas Perlindungan Anak Nasional yang datang di Purworejo bersama Danang Sasongko, juga dari Komnas  Perlindungan Anak Nasional.

Kegiatan ini dirangkai dengan seminar nasional sosialisasi perlindungan anak di Gedung PGRI Purworejo. “TRC ini penting karena kondisi kekerasan terhadap anak, termasuk kekerasan seksual sudah sangat parah. Dan ini merupakan kejahatan luar biasa. Korban akan menderita trauma yang berkepanjangan,” tandasnya Naomi Melania, Senin (1/8).

Menurut Danang Sasongko, kekerasan seksual di Indonesia sudah sangat akut. Seakan sudah tidak mengenal belas kasihan terhadap korban. “Yang lebih menyedihkan, ada korban yang usianya masih balita, 2,5 tahun,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI