Purworejo dan Kulonprogo Jalin Kerjasama Pariwisata

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Purworejo Jawa Tengah (Jateng) dan Kulonprogo DIY sepakat menjalin kerjasama bidang pariwisata, pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Mengingat kedua wilayah kabupaten ini merupakan daerah yang berbatasan langsung, sekaligus untuk menyongsong program bedah Menoreh dan Bandara Kulonprogo yang segera dibangun.

Kerjasama ini diwujudkan dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo AP dan Kadis Pariwisata Kulonprogo Drs Krissusanto di Aula Kantor Kecamatan Kaligesing Purworejo.

“Melalui kerjasama ini kita sudah tidak ada sekat untuk mengembangkan bersama kawasan Menoreh di kedua wilayah kabupaten ini, terutama bidang pariwisata,” kata Assisten Bidang Pemerintahan Purworejo Drs Murwanto, Kamis (14/12/2017).

Dijelaskan, kerjasama kedua kabupaten ini tidak hanya di wilayah Menoreh, namun sebelumnya juga sudah ditandatangani MoU untuk pengembangan kedua daerah di wilayah selatan yang berbatasan langsung dengan lokasi calon Bandara.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Purworejo dan Kulonprogo untuk mewujudkan peningkatan jumlah kunjungn wisata baik dalam maupun luar negeri.

Sedang ruang lingkup dalam MoU ini diantaranya meliputi pengembangan kawasan destinasi pariwisata, peningkatan kualitas pengelolaan kawasan destinasi pariwisata, peningkatan kualitas pengelolaan pemberdayaan masyarakat pelaku pariwisata, peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pariwisata, dan peningkatan promosi pemasaran kawasan destinasi pariwisata.  Sedang objek kerjasama ini diantaranya objek wisata di wilayah para pihak yang berada di kawasan wilayah perbatasan.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI