Purworejo dan Kutoarjo Disemprot Disinfektan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo kembali melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan sasaran fasilitas publik di Purworejo dan Kutoarjo, Sabtu (13/2). Dua mobil pemadam kebakaran menyemprotkan sedikitnya 17.000 liter cairan disinfektan di sepanjang ruas jalan dua kota itu.

Kegiatan penyemprotan disinfektan itu dipimpin Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM. Dalam apel singkat di halaman Pendopo Bupati Purworejo sebelum pemberangkatan, turut hadir Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, dan sejumlah pimpinan OPD.

Bupati mengajak masyarakat untuk bersama-sama konsisten memutus rantai penularan Covid-19. “Meski Purworejo tidak termasuk zona merah, namun kita semua harus senantiasa konsisten mencegah agar tidak ada lonjakan kasus, caranya dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M,” tegasnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, pandemi sudah berlangsung setahun terakhir dan berdampak besar pada sosial ekonomi masyarakat Purworejo. Masyarakat, lanjutnya, harus mulai menyesuaikan diri dengan situasi pandemi sehingga ekonomi tetap bergerak, namun kesehatan selalu terjaga dengan menghindari penularan virus.

Penyemprotan, lanjutnya, juga demi mengingatkan masyarakat bahwa pandemi masih ada dan harus ditanggulangi oleh seluruh elemen masyarakat. Kepala Kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo Budi Wibowo mengatakan, penyemprotan diawali dari kompleks Alun-alun Purworejo, kemudian ke jalanan sekitar Pasar Suronegaran, Pasar Baledono, sentra bisnis Jalan KHA Dahlan, kampus UMP, kawasan perkantoran dan pendidikan di Jalan Mayjen Sutoyo. “Selesai di Purworejo, kita geser ke Kutoarjo,” ujarnya.

Penyemprotan di kawasan itu meliputi Pasar Hewan Purworejo, kemudian jalanan sekitar pertokoan dan Pasar Kutoarjo. “Total kami habiskan 17 ribu liter air yang dicampur dengan disinfektan,” tuturnya.

Dikatakan, tim gabungan tidak melakukan penertiban terhadap pelanggar protokol yang ditemui di jalan. “Hari ini kami hanya penyemprotan saja,” ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI