Purworejo Deklarasikan Kota Pejuang

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Upaya Muda Ganesha (MG), yang merupakan perkumplan para alumni SMA Negeri 1 Purworejo dari seluruh angkatan, untuk mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai Kota Pejuang terwujud sudah. Bersamaan dengan acara napak tilas perjuangan Tentara Pelajar (TP) Brigade XVII, Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM mendeklarasikan Purworejo sebagai Kota Pejuang.

“Ini memang sesuai dengan kenyataan, bahwa dari Purworejo telah kahir para pejuang, baik pejuang sebelum kemerdekaan maupun tokoh-tokoh besar yang ikut mengisi kemerdekaan,” kata Agus Bastian dalam kegiatan napak tilas yang dipusatkan di seputar pendapa rumah dinas bupati setempat.

Kegiatan yang berlangsung hingga, Minggu (11/11/2018) sore ini, diawali dengan acara napak tilas TP yang diikuti 1.380 peserta  dari berbagai kalangan dan pelajar yang menempuh jarak sekitar 20 km dari Taman Makam Pejuang (TMP) di Desa Wareng Kecamatan Butuh dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Dari TMP yang melintasi empat kecamatan ini menuju SMA 1 di Jalan Tentara Pelajar dan bergabung peserta karnaval yang diikuti sekitar 500 peserta menuju pendapa rumah dinas bupati.

“Sebagai wujud Kota Pejuang, kami rancang untuk membangun Taman Makam Pejuang di Bumi Perkemahan Arga Putra Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo,” tambah Agus Bastian.

Kegiatan napak tilas ini menurut Ketua Umum MG Dwi Wahyu Atmaji, sebagai upaya untuk mengenang para pejuang, yakni para anggota TP yang dimakamkan di TMP Wareng. “Merekalah yang pertama mencetuskan ide untuk mendirikan SMA Negeri 1 Purworejo. Dan terwujud pada tahun 1955 bersama 50 SMA negeri lainnya se Ingonesia. Namun dari 50 SMA Negeri ini, hanya SMA Negeri Purworejo yang didirikan di kota kabupaten,” jelasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI