Purworejo Gelar Festival Pertunjukan Rakyat Jawa Tengah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Berbagai jenis kesenian tradisional khas daerah unjuk bagian dalam Festival Pertunjukan Rakyat Jawa Tengah (Jateng). 

Festival untuk wilayah eks Karesidenan Kedu dan Surakarta yang digelar di pendapa rumah dinas bupati Purworejo ini diikuti perwakilan tuan rumah, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Karanganya, Temanggung dan Kabupaten serta Kota Magelang.

“Potensi kesenian tradisional Jateng sangat besar, dan cukup aktif dalam berbagai pertujukan. Padahal Forum Komunikasi Media Tradisioal (FKMITRA) nasional sendiri sejauh ini jarang menggelar kegiatan,” kata Ketua Panitia Kegiatan Daniel Hakiki, Kamis (18/05/2017).

Seni tradisional diakui Daniel Hakiki, selama ini sudah menjadi  media komunikasi yang cukup efektif di masyarakat. Terlebih di Jateng masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan jumlahnya jauh lebih besar
jika dibanding masyarakat perkotaan. “Era digital tidak akan menyurutkan seni tradisional. Bahkan informasi yang didapat dari media digital seringkali tidak sesuai dengan harapan. Bahkan belakangan
justru menebar kebencian,” paparnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI