Purworejo Hanya Berangkatkan Empat KK Transmigran

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo memberangkatkan empat keluarga ikut program transmigrasi ke Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur. Jumlah yang ikut dalam program itu turun dibanding pemberangkatan tahun 2016 yang mencapai 25 kepala keluarga (KK).

Empat keluarga berangkat bersama seratus KK transmigran dari seluruh kabupaten di Jawa Tengah. "Memang alokasinya untuk Purworejo hanya empat, tahun lalu agak banyak dan diberangkatkan dalam empat kesempatan," ujar Kepala Seksi Transmigrasi Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinpernaker) Kabupaten Purworejo Woro Sri Widiatmi mewakili Kepala Dinpernaker Drs Sutrisno, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Selasa (19/12).

Transmigran ke Kalimantan Timur berangkat akhir November 2017. Mereka akan mendapat lahan seluas satu hektare, rumah tinggal dan fasilitas pendukung lainnya. Namun sebelum berangkat, calon transmigran dibekali sejumlah keterampilan.

Padahal, katanya, minat masyarakat berangkat menjadi transmigran cukup tinggi. Dinas mencatat 175 keluarga mendaftar sebagai calon transmigran. Sementara 259 keluarga datang mencari informasi tentang transmigrasi.

Menurutnya, kuota pemberangkatan tahun 2018 diperkirakan akan bertambah lagi menjadi 20 keluarga. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berencana memberangkatkan transmigran ke Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Sementara itu, Kepala Dinpernaker Drs Sutrisno mengakui adanya banyak tawaran program transmigrasi umum dari pemerintah pusat. Namun setelah disurvei, pemkab tidak mengambil sebagian kesempatan itu karena beratnya medan di lokasi transmigrasi. "Saya tidak sampai hati menempatkan warga Purworejo di lokasi yang begitu sulit aksesnya. Kami berani memutuskan karena sudah survey sendiri ke lokasi yang ditawarkan," ungkapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI