Purworejo Hidupkan Kembali Gendhing Setu Legen

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Gendhing Setu legen atau Sabtu Legi kini dihidupkan kembali di pendapa rumah dina bupati Purworejo. Bahkan dalam kegitan yang kedua kalinya ini juga dipentaskan wayang kulit beserta dalang lokal Dwi Puspitanningrum dan dalang tamu manca negara Sietske Rijpkena dari Belanda serta sinden Laria Meloni dari Italia.

Kegiatan ini ternyata banyak peminatnya bahkan dari berbagai kalajngan, baik para komunitas pecinta budaya Jawa, maupun dari masyarakat yang ingin belajar tentang kebudayaan Jawa lebih dalam.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang hadir didampingi Sekda Drs Said Romadhon merasa bangga karena Purworejo memiliki rasa kecintaan yang dalam terhadap kebudayaan daerahnya sendiri.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menguri-nguri (melestarikan) kebudayaannya. Saya berharap di Purworejo kedepannya akan berkembang semakin pesat dengan tetap memiliki kebudayaan Jawa yang melekat,” katanya.

Kegiatan gendhing Setu Legen kali ini sekaligu sebagai rangkaian perayaan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo yang jatuh pada 27 Februari 2020, memiliki 18 rangkaian event yang siap digelar oleh Pemkab Purworejo. Jika tahun lalu tema Hari Jadi Road to Romansa, maka Hari Jadi tahun ini adalah tahunnya Romansa Purworejo 2020. (Nar)

BERITA TERKAIT