Purworejo Juara SIKP Jawa Tengah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 3.635 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Purworejo menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui fasilitasi Pemerintah Daerah (Pemda). Bahkan Purworejo terpilih sebagai Pemda terbaik se Jawa Tengah (Jateng) dalam pengelolaam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

“Kredit yang disalurkan untuk program ini sudah mencapai Rp 78.113.302.000. Ini berdasar data program kredit yang tercantum dalam Sistem Informasi Kredit Program Pemda (SIKPP),” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Purworejo Dra Titik Mintarsih  MPd, Rabu (11/12/2019).

Dalam program ini, dari 35 kabupaten/kota se Jateng, Purworejo berhasil meraih juara pertama. Penghargaan diserahkan Kepala Kanwil (Kakanwil) Perbendaharaan Provinsi Jateng Sulaimansyah, diterima Kasubag Bina Usaha Bagian Perekonomian Yunita Onggowati.

Melalui program ini, Sulaimansyah berharap agar Pemda terus berperan aktif dalam program KUR, diantaranya dengan meningkatkan jumlah debitur dalam SIKP. 

Menurut Titik Mintarsih, hingga September 2019, calon debitur KUR yang sudah tercatat ada 11.857, yang sudah mendapatkan kredit baru 3.635 debitur. “Kami terus mendorong penguatan modal bagi UMKM untuk meningkatkan produktivitas agar bisa lebih berkembang,” katanya berharap.

Dikatakan Titik Mintarsih,untuk menjaring calon debitur KUR pihaknya bekerjasama dengan beberapa dinas dan instansi di lingkungan Pemkab Purworejo, utamanya dengan UMKM dan pertanian. Disamping menggandeng sejumlah bank untuk penyaluran kredit.(Nar)

BERITA REKOMENDASI