Purworejo Kesulitan Penuhi Target 103 Swab Perhari

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo kesulitan memenuhi target 103 sampel swab perhari. Pemerintah pusat menetapkan target swab untuk setiap kabupaten dengan tujuan meningkatkan tracing penderita Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT mengatakan, capaian swab di Purworejo rata-rata baru 33 persen dari target. “Maka kita memang terus dikejar untuk bisa memenuhi target. Sebab ujung tombak utama penanganan adalah pelacakan terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkapnya kepada KRJOGJA.com Rabu (30/9).

Upaya untuk meningkatkan capaian swab dilakukan dengan menyelenggarakan tes gratis di 27 puskesmas. Masyarakat yang merasa kontak erat dengan pasien positif dan memiliki faktor komorbid, dipersilakan mengikuti uji swab.

Selain itu, layanan kesehatan diminta mengarahkan pasien dengan gejala khas covid atau faktor komorbid untuk menjalani swab. “Akan coba diarahkan untuk tes, sebab kalau OTG dibiarkan tanpa penanganan, akan menulari orang banyak,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI