Purworejo Raih Penghargaan Peduli HAM

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Untuk keenam kalinya Purworejo meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan ini diterima Kabag Hukum Setda Purworejo Heru Sasongko SH pada Peringatan Hari HAM ke-71 di Gedung Merdeka Kota Bandung sebelum akhirnya diserahkan kepada Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM.

Menurut Heru Sasongko, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dalam penghargaan ini. Diantaranya peduli HAM, cukup peduli HAM, dan kurang peduli HAM. 

Untuk mendapatkan penghargaan ini pemerintah daerah harus mampu memenuhi tujuh kelompok hak. Yakni hak atas pendidikan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Untuk melengkapi data kriteria dari masing-masing hak itu, Bagian Hukum membentuk Tim Ranham yang beranggotakan OPD terkait. Atas kerja keras bersama, Purworejo dinyatakan Peduli dan mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM,” kata Heru Sasongko, Sabtu (14/12/2019) usai menyerahkan penghargaan itu kepada Bupati Agus Bastian dan didampingi Kabag Humas Setda Purworejo Rita Purnama SSTP.

Penghargaan ini katanya, sudah dilaksanakan Kemenhum dan HAM sejak 2013 yang bertujuan untuk memotivasi, dan mendorong realiasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat.

Atas keberhasilan ini Bupati Agus Bastian berharap dapat terus memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat. “Terutama hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak atas rumah yang layak, hak atas perlindungan perempuan dan anak, serta hak pekerjaan,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI