Purworejo Sediakan Anggaran Rp 35,8 Miliar dan Dua Tempat Pemakaman

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dua tempat pemakaman seluas lima hektar disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo untuk korban virus corona (Covid-19). Disediakan pula anggaran sebesar Rp 35,8 miliar untuk menanganan kesehatan.

“Anggaran ini hanya untuk kesehatannya saja,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kamis (16/04/2020).

Diharap warga Purworejo tetap patuh, lebih banyak tinggal di rumah, dan mengenakan masker saat keluar rumah serta menjaga jarak bila melakukan pertemuan dengan orang lain. “Kesehaan tenaga medis harus selalu dijaga,” pintanya.

Pemkab Purworjeo juga menyediakan tempat khusus untuk tenaga medis. “Namun mayoritas tenaga medis tidak bersedia karena lebih memilih tinggal bersama keluarga,” tambahnya.

Disisi lain alat pelindung diri (APD) berupa pakaian untuk menangani pasien corona juga sudah tersedia cukup. “ADP ini disamping pengadaan secara mandiri juga ada beberapa bantuan dari pihiak lain, sehingga untuk saat ini masih cukup,” kata Agus Bastian didampingi Sekda Purworejo Drs Said Romadon dan Kapolres AKPB Rizal Marito SIK SH MSi.

Menurut Agus Bastian, untuk mengantisipasi penolakan warga terhadap jenazah terpapar covid-19, Pemkab Purworejo menyediakan lahan pemakaman seluas lima hektar, tiga hektar diantaranya di Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo dan dua hektar di Gunung Tugel Kutoarjo. (Nar)

BERITA REKOMENDASI