Purworejo Tambah Satu Rumah Sakit Baru

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kabupaten Purworejo bakal meningkat. Menyusul dibangunnya sebuah rumah sakit baru, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Tjokronegoro. Rumah sakit tipe C yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Kelurahan Borokulon Kecamatan Banyuurip ini telah diresmikan penggunaannya oleh Buputi Purworejo Agus Bastian SE MM.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo dr Sudarmi MM, RSUD ini untuk tahap awal didukung 135 tenaga medis, paramedis, serta tenaga kesehatan lainnya. “Setelah dilaunching, RSUD ini dengan ketersediaan peralatan dan tenaga medis sudah siap melayani pasien,” katanya, Selasa (01/09/2020).

RSUD yang dibangun empat lantai ini menurut dr Sudarmi dilengkapi dengan pelayanan Unit Gawat Darurat 24 jam ini, juga pelayanan rawat jalan yang terdiri dari poliklinik penyakit dalam, bedah, obsteri gynekologi, anak, saraf, mata, jiwa bedah mulut, kulit kelamin serta fisioterapi. “Pelayanan rawat inap terdiri 102 tempat tidur dari kelas satu hingga VVIP,” jelasnya.

Pembangunan RSUD ini menurut Agus Basatian, merupakan komitmen pemerintah daerah dalam peningkatan layanan publik khususnya bidang kesehatan bagi masyarakat Purworejo. “Sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan kesehatan yang semakin meningkat,” katanya.

Disamping itu, pembangunan RSUD RAA Tjokronegoro ini sekaligus menambah jumlah fasilitas layanan kesehatan di Purworejo, khususnya untuk layanan kesehatan dasar dan rujukan serta untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. (Nar)

 

Bupati Agus Bastian mencoba alat medis di RSUD Tjokronegoro. (Foto : Gunarwan)

BERITA REKOMENDASI