Purworejo Tetap Siaga Siklon Tropis Dahlia

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Masyarakat Kabupaten Purworejo tetap diminta mewaspadai dampak Siklon Tropis Dahlia selama beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut siklon dengan pusat di Samudera Hindia selatan Pulau Jawa itu berpotensi menyebabkan hujan ekstrim disertai petir dan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Drs Boedi Hardjono mengatakan, pemerintah tetap menyiagakan unsur relawan bencana di seluruh kecamatan. "Kami siaga penuh, posko aktif 24 jam, petugas selalu terjaga malam hari mengantisipasi bila terjadi bencana. BPBD juga minta masyarakat siaga dan tetap tenang," katanya kepada KRJOGJA.com, Jumat (1/12/2017).

Menuturnya, Siklon Tropis Cempaka sudah tidak berdampak lagi bagi Purworejo karena sudah meluruh. Namun kemudian muncul Siklon Dahlia di perairan barat Sumatera dan bergerak ke timur menuju selatan Jawa.

BMKG Memprediksi siklon bergerak ke arah selatan menjauhi Pulau Jawa dalam beberapa hari ke depan. "Namun tetap saja ada potensi bencana bagi Purworejo, apalagi BMKG menetapkan Jawa Tengah dan DIY masuk kawasan waspada dampak siklon," tuturnya.

Boedi menambahkan, penanganan bencana dampak Siklon Tropis Cempaka terus dilakukan BPBD Purworejo bersama TNI, Polri dan relawan. Alat berat diterjunkan membuka sejumlah akses yang tertimbun longsor. "Tim juga terus mendata kerugian bencana," ujarnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI