Pusat Pembelajaran, Arpusda Gelar Kursus Pranoto Coro

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebagai pusat pembelajaran, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Purworejo kini tidak sekedar menyediakan buku bacaan dan literasi lainnya, namun mengakomodir pembelajaran masyarakat, termasuk kursus pranoto coro (pembawa acara/MC bahasa Jawa).

“Kegiatan pembelajaran pranoto coro ini tidak sekedar kemampuan untuk berbicara dalam membawakan suaru acara, terutama adat kehidupan masyarakat. Namun juga memberikan pembelajaran upacara adat dalam berbagai upacara tradisional,”  kata Kepala Dinas Arpusda Purworejo Tri Joko Pranoto SIP, Selasa (8/5).

Gelar kursus pranoto coro ini menurut Tri Joko Pranoto, ternyata juga banyak diminati. Angkatan pertama yang ditargetkan 30 orang sesuai kapasitas, ternyata yang berminat mencapai 53 orang. “Kita tidak bisa menolak karena mereka memiliki semangat tinggi,” katanya.

Selama ini lanjut Tri Joko Pranoto, Perpustakaan identik dengan pinjam peminjam buku, tanpa tindakan nyata untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dari buku itu. “Di Permustakaan ini banyak buku terkait adat istiadat seperti pranoto coro, maka ketika banyak peminatnya, kita tindaklanjuti dengan kegiatan nyata berupa kursus pendek,” jelasnya.

Untuk tahap awal ini, kursus pranoto coro masih difokuskan pada tata adat pernikahan, dan ternyata peminatnya cukup banya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI