Pusat Rehablitasi Yakkum Rilis Buku Panduan

PR Yakkum, katanya, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo dalam mewujudkan desa inklusi. Sebanyak 50 desa menjadi binaan lembaga itu sejak tahun 2019. “Saat ini hampir separuh desa binaan sedang menuju tahap madya, sedangkan sisanya pratama,” ungkapnya.

Dikatakan, upaya mewujudkan desa inlusif merupakan strategi penting dalam memberdayakan para penyandang disabilitas di desa. “Sebab saat ini masih sebagian besar desa-desa yang ada di wilayah binaan, belum jadi desa yang inklusif bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perdesaan (Dinpermades) Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi mengungkapkan, buku tersebut dapat menjadi panduan bagi pihak yang ingin memberdayakan disabilitas.

“Dalam pendampingan warga rentan, butuh sinergi tidak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat. Buku panduan itu adalah bagian dari upaya kelompok masyarakat dalam mewujudkan disabilitas yang mandiri dan mampu berkontribusi bagi pembangunan,” ujarnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI