Puskemas 1 Mertoyudan Miliki Klinik TB

MAGELANG, KRJOGJA.com – Puskesmas Mertoyudan 1 Kecamatan Mertoyudan membuka layanan berupa Klinik TB (Tuberculosis) sebagai yang pertama dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. Peresmian klinik tersebut, pada 8 Juni kemarin. Sedang wilayah jangkauan layanannya, meliputi Desa Banyurojo, Mertoyudan, Sumberejo, Danurejo, dan Desa Donorojo.

"Sosialisasi dan penyuluhan penyakit TB terus dilakukan petugas dan kader kesehatan, terutama untuk lima desa yang menjadi wilayah pelayanan kami. Namun demikian, kami juga terbuka untuk masyarakat umum di luar wilayah layanan puskesmas 1 mertoyudan," kata Kepala Puskesmas Mertoyudan 1 Kabupaten Magelang dr Oktora Kunta Edhy Rabu (21/06/2017).

Pembukaan klinik tersebut, kata Oktora, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan kasus penyakit TB. Klinik tersebut, meliputi ruang konsultasi, ruang dahak dan laboratorium, didukung dokter dan perawat yang telah menjalani pelatihan khusus. "Setidaknya dalam tiga tahun terakhir capaiannya masih rendah dari target 70 persen, capaiannya hanya 10-20 persen. Penyebabnya bisa saja memang tidak banyak pasien, tidak ditemukan atau belum tertangani, dan kurang sosialisasi," ungkapnya.

Untuk operasional layanan di Klinik TB Puskesmas Mertoyudan 1, lanjutnya, menggunakan alokasi Bantuan Operasional Kesehatan dan Badan Layanan Umum Daerah. Sedangkan pasien bisa menggunakan BPJS Kesehatan, Jamkesda dan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk mendapatkan layanan gratis. (Bag)

BERITA REKOMENDASI