Puting Beliung Sapu Lereng Sindoro

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Setidaknya 15 rumah di lereng gunung Sindoro di Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung mengalami kerusakkan akibat terkena sapuan angin kencang, Sabtu (29/05/2021).

Warga menyebutkan angin kencang disertai hujan deras terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, di wilayah Desa Bansari. Warga yang berada di luar rumah, terutama melintas di jalan segera berlindung karena deras dan kencangnya angin. Sejumlah dahan dan ranting pepohonan banyak yang patah dan menimpa pemukiman.

Sejumlah atap rumah warga juga rusak sebab karen sapuan angin yang mengangkat seng dan genteng. Setelah hujan dan angin reda, hasil pendataan dari pihak kecamatan ada setidaknya 15 rumah yang tersebar di 6 dusun mengalami kerusakkan.

Data dari PMI Cabang Temanggung di Dusun Tambaksari terdapat 3 rumah rusak, diantaranya rumah seorang relawan, Gondes di RT 1 RW 2. Di dusun lainnya yakni Dusun Sawit (4), Tegalsari (3), Bangunsari (2), Pringapus (2), dan Dusun banaran (1). Sejumlah keluarga juga mengungsi ke rumah tetangga dan sanak famili.

Petugas dari polri, PMI, relawan dan TNI serta warga bahu membahu untuk membetulkan rumah warga yang rusak. Staf PMI Cabang Temanggung Andi Alif mengatakan bantuan yang disalurkan pada korban bencana angin puting beliung antara lain berupa beras, mie instan, air mineral dan baby kit. “Kami langsung terjunkan relawan untuk ke lokasi guna membantu warga,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI