PWI Dorong Wartawan Menjadi Profesional

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ketua PWI Propinsi Jawa Tengah, Amir Machmud NS akan terus mendorong para wartawan yang tergabung dalam PWI di wilayahnya untuk menjadi profesional. Karena itu pihaknya minta kepada mereka agar ikut uji kompetensi yang dilaksanakan.

"Masyarakat, termasuk sumber berita, akan merasa tenang dengan kehadiran wartawan kompeten, apalagi di tengah kebimbangan akan kebenaran informasi di media sosial. Keberadaan wartawan, antara lain, diwadahi PWI ini menjadi salah satu dari ikhtar organisasi kewartawan ini bersama masyarakat untuk membendung kemungkinan berbagai kabar bohong itu berseleweran di sekitar kita," kata Amir Machmud, dalam sambutan pelantikan PWI Kabupaten Magelang di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (20/09/2017).

Menurutnya anomali tercipta dengan perkembangan budaya yang diakibatkan dengan pemahaman baru ketika ada ketegantungan pada teknologi. "Di balik kemanfaatan teknologi, ada ancaman,” kata Amir.

Amir menegaskan, terkait Kode Etik Jurnalistik wajib dipatuhi sebagai jalan hidup, darah yang mengalir di dalam kehidupan para wartawan. "Bersama PWI, kami menganjak masyarakat ikut membimbing, ikut mendampingi, ikut mengawal bagaimana masyarakat ini menghadapi berbagai kemungkinan menghadapi kabar bohong yang berseliweran di sekitar kita," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Amir menyampaikan informasi bahwa PWI Provinsi Jateng akan menggadakan Uji Kompetensi Wartawan IV pada tanggal 20 hingga 21 Oktober 2017. "Uji kompetensi ini akan merekonstruksi pekerjaan wartawan apakah betul-betul dia memang wartawan profesional atau sekadar wartawan jadian-jadian atau wartawan abal-abal,” tandasnya.

Sementara Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus bangga dengan pelantikan ini. "Semoga teman-teman PWI yang dilantik ini, dapat ikut mengisi dan membantu daerah dalam pembangunan. Kerjasama yang selama ini sudah terbangun, harus terus dijaga, dipelihara dan tingkatkan," imbuhnya.

Susunan kepenguruan PWI Kabupaten Magelang terdiri atas Y Bagyo Harsono sebagai ketua, Eko Priyono (wakil ketua), Ali Subechi (sekretaris) dan Habib Shaleh (bendahara), serta dilengkapi empat seksi, yakni organisasi, pendidikan, bidang hukum, serta usaha dan kesejahteraan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI