Raja dan Ratu KAS Kembali Masuk Penjara

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Raja Keraton Agung Sejagat (KAS) Toto Santoso dan Ratu KAS Fanni Aminadia kembali masuk penjara, Senin (6/12/2021) sore. Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo mengeksekusi keduanya setelah turunnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menjatuhkan pidana empat tahun penjara untuk Toto dan satu tahun enam bulan kepada Fanni.

Kepala Kejari Purworejo Sudarso SH mengatakan, keduanya dieksekusi dari rumah kontrakannya di wilayah Berbah Sleman Yogyakarta. “Kami amankan keduanya dari sebuah rumah yang menjadi tempat tinggalnya di wilayah Sleman. Keduanya kami bawa ke Purworejo untuk menjalankan sisa hukuman pidananya,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (7/12/2021).

Penangkapan dilakukan berdasarkan putusan MA Nomor 1500K/Pid.Sus/2021 tanggal 8 Juli 2021. Pihak Kejari Purworejo mengirimkan surat pemanggilan ke alamat terakhir Toto dan Fanni.

Namun, surat itu tidak direspons sehingga keduanya ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Kejari Purworejo berkoordinasi dengan Kejari Sleman dan Polres Sleman untuk mencari keberadaan keduanya.

“Tim intelijen mengendus keberadaan yang bersangkutan di alamat yang baru di Berbah Sleman Yogyakarta. Kami bergerak menjemput mereka di alamat tersebut,” ucapnya.

Keduanya ditangkap tanpa perlawanan di rumah yang dijadikan tempat jualan ayam goreng oleh Toto dan Fanni. “Tanpa perlawanan, keduanya kooperatif. Sebenarnya ada satu upaya hukum, yakni Peninjauan Kembali (PK), tapi tidak menghalangi upaya kami untuk melakukan eksekusi,” katanya.

BERITA REKOMENDASI