Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Diwarnai Koreksi

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lewat proses perjalanan yang diwarnai dengan beberapa koreksi, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah seta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 yang dilaksanakan KPU Kabupaten Magelang di Grand Artos Hotel and Convention Magelang menetapkan DPS tingkat Kabupaten Magelang.

Dalam berita acara Nomor 101/PL.03.BA/3308/KPU/III/2018 yang ditandatangani Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin SAg dan seluruh anggota Komisioner KPU Kabupaten Magelang disebutkan jumlah DPS 969.704, yang terdiri 483.039 laki-laki dan 486.665 perempuan. Jumlah TPS 2629 yang berada di 372 desa dan kelurahan di 21 wilayah kecamatan.

Afiffuddin diantaranya membenarkan di forum ini pihaknya memberikan waktu untuk revisi atau koreksi, karena di rapat pleno inilah yang dinilai tepat untuk melakukan koreksi. 

"Setelah diplenokan di masing-masing tingkatan, manakala ada kekeliruan atau ada temuan dari Panwas dapat dibicarakan di forum rapat pleno ini. Sehingga meminimalkan potensi-potensi angka-angka yang tidak tepat atau tidak benar. Koreksi di luar forum pleno justru merupakan koreksi yang tidak tepat," kata Afiffuddin.

Ditanya mengenai banyaknya koreksi yang terjadi di forum yang dihadiri PPK dari seluruh kecamatan di Magelang, Panwas Kabupaten Magelang maupun lainnya tersebut, Afiffuddin mengatakan hal ini diantaranya karena ada eror dalam input, salah jumlah maupun lainnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI