Rapid Test Di Borobudur, 15 Wisatawan Reaktif

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, melakukan test rapid terhadap pengunjung atau wisatawan yang tengah berlibur ke Candi Borobudur dan sekitarnya. Rapid test itu, akan dilakukan selama lima hari mulai tanggal 28 Oktober hingga 1 November mendatang. Hal ini sebagai tindaklanjut arahan Gubernur Jawa Tengah, nomor: 440/7813/3 tertanggal 26 Oktober 2020.

“Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam rangka menghadapi libur panjang sebagai antisipasi dan deteksi dini Covid-19 di Jawa Tengah dilakukan test rapid dan swab PCR Covid-19. Test dilaksanakan selama lima hari mulai hari ini (Rabu tanggal 28 oktober) hingga 1 november besok,” kata Kepala Bidang Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Rabu (28/10/2020).

Selain diwilayah ini, kata Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang itu, rapid test dan swab ini juga dilakukan di enam lokasi yang lain. Meliputi Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Wisata Dusun Semilir Semarang, Wisata Dieng Wonosobo, Wisata Owabong Purbalingga, Wisata Tawangmangu Karanganyar dan Terminal Pati. “Untuk kabupaten magelang, dilaksanakan di Halaman TIC Borobudur. Sedang waktu pelaksanaannya, mulai pukul 07.30 hingga 15.00 setiap hari selama lima hari tersebut,” jelasnya.

Pada hari pertama, pihaknya melakukan test rapid terhadap 155 orang. Untuk hasilnya, 140 non reaktif, 15 reaktif. “Dari sebanyak 15 yang reaktif tersebut, ditindaklanjuti dengan swab test. Namun hasilnya negatif. Sedang peserta rapid ini, dipilih secara acak dari para wisatawan yang akan berkunjung ke sekitar Borobudur,” ungkapnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI