Rastra Disalurkan Tiga Kali Saat Ramadan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akan menyalurkan beras sejahtera (rastra) tiga kali sepanjang Ramadan. Penyaluran rastra tahap pertama di bulan puasa, dilakukan akhir Mei hingga awal Juni 2017. Beras itu merupakan alokasi rastra April 2017.

Kasubag Bina Produksi Bagian Perekonomian Fatqur Rohman mewakili Kabag Perekonomian Bambang Susilo mengatakan, alokasi yang akan disalurkan dalam sebulan adalah April, Mei dan Juni. "Untuk penyaluran alokasi Mei dan Juni segera menyusul," katanya kepada KRJOGJA.com, Senin (05/06/2017).

Menurutnya, penyaluran tersebut merupakan salah satu cara pemerintah membantu masyarakat prasejahtera mencukupi kebutuhan pangan layak sepanjang Ramadan. Apalagi, katanya, Ramadan identik dengan kenaikan harga sembako, termasuk beras.

Selain itu, akan ada peningkatan kebutuhan masyarakat atas bahan pangan, menjelang dan saat lebaran. Penyaluran rastra tiga kali juga bertujuan menstabilkan harga beras. Data yang dilansir Pemprov Jateng menyebut, harga beras IR 64 Medium stabil Rp 9.000 perkilogram dalam sebulan terakhir.

"Distribusi rastra membuat para penerima manfaat tidak perlu beli beras di pasar, akhirnya pasokan lebih banyak dan harga terkendali," tuturnya.

Pemerintah mengimbau tim rastra tingkat kecamatan dan desa membantu kelancaran distribusi dengan mempercepat pembayaran harga tebusan rastra (HTR). Sesuai instruksi Bulog, lanjutnya, penyaluran bisa dilakukan apabila tim melunasi pembayaran HTR.

Gudang Bulog 505 Kecamatan Butuh mendapat order menyalurkan 824.625 kilogram rastra untuk setiap alokasi. Beras sebanyak 824,5 ton itu disalurkan untuk 59.975 keluarga penerima manfaat. Mereka menebus rastra Rp 1.600 perkilogram dengan jatah 15 kilogram perpenerima. (Jas)

BERITA REKOMENDASI