Ratusan Kiai Purworejo Lakukan Perjalanan Religi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com –  Sekitar 150 kiai dari pengasuh pondok pesantren (PP), kiai masjid, musala, hingga kiai langgar di Kabupaten Purworejo melakukan perjalanan religi. Mereka dengan fasilitas Pemkab Purworejo akan melakukan perjalanan selama tiga hari hingga, Jawa Barat, Jakarta dan Banten.

“Selain ziarah, para kiai ini juga akan melakukan kunjungan kerja (kunker) sekaligus studi banding penguatan kapasitas ke berbagai PP,” kata Panitia Kegiatan dari Bagian Kesra Setda Purworejo Marzuki SE, Rabu (25/09/2019).

Para kiai yang diangkut dengan empat bus ini, akan menempuh perjalanan melalui jalur utara Jawa dan diawali dengan ziarah di Pandeglang, di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon dan PP Asshiddiqiyah Jakarta, yang merupakan salah satu PP terbesar di Indonesia asuhan Dr KH Noer Muhammad Iskandar SQ. “Para kiai ini juga akan melakukan perjalanan ziarah di Serang Banteng, sekaligus ziarah di makam Maulana Hasanudin,” tambahnya.

Menurut Assisten Sekda Purworejo bidang Kesra Drs H Pram Prasetyo Achmad MM, para ulama dalam kedudukannya sebagai pemimpin informal di tengah masyarakat memiliki peran yang penting dan strategis, khususnya untuk memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara. “Para ulama tidak saja berperan menjaga moral bangsa dan etika keberagaman, tetapi sekaligus berfungsi untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan membimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI