Ratusan Kicau Mania Ikuti Kompetisi Pesona Arahiwang Cup

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Ratusan kicau mania dari sejumlah kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta mengikuti kompetisi Pesona Arahiwang Cup di Purworejo, Minggu (20/2/2022). Mereka membawa aneka burung kelangenan untuk berlomba dalam 29 kelas kejuaraan.

Lomba tingkat regional yang digelar di Perumahan Pesona Arahiwang Borowetan Purworejo sejak pagi hingga sore itu, memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. “Kami selenggarakan lomba kicau burung untuk menjaga eksistensi para pehobi burung di Jawa Tengah,” kata Ketua Panitia Lomba Pesona Arahiwang Cup, Niko Sucen, kepada KRJOGJA.com, disela kompetisi.

Selain itu, lomba juga menjadi ajang pembuktian metode perawatan dan latihan burung kicau yang selama ini dilakukan para pehobi. Tidak hanya itu, kata Niko, lomba juga akan meningkatkan gengsi dan nilai jual burung peliharaan.

“Artinya selain sebagai sarana menjalin tali silaturahmi, lomba juga bermotif ekonomi, yakni meningkatnya nilai jual burung kicau,” ujarnya.

Lomba diikuti kurang lebih 800 peserta dari Kota Purworejo, Kebumen, Purwokerto, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Yogyakarta, dan Solo. Meskipun ada ratusan, kata Niko, peserta tidak bisa maksimal karena pada hari yang sama digelar tiga lomba serupa di wilayah Yogyakarta. “Tidak masalah, kami sebagai sesama penggemar burung kicau malah bangga, karena ini bukti bahwa hobi ini tidak ada matinya,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI