Ratusan Pelajar Bersihkan Candi Borobudur

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG (KRjogja.com) – Ratusan pelajar perwakilan sejumlah SMP dan SMA di Kabupaten Magelang, membersihkan Candi Borobudur di wilayah ini, Sabtu (24/09/2016). Hal itu merupakan bagian dari Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) di 10 lokasi destinasi wisata nasional yang dicanangkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kemenko Kemaritiman serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“GBBS sendiri, dimulai tahun ini sesuai dengan mandat revolusi mental. Harapan kita, GBBS ini tidak hanya membuat lingkungan bersih, tapi ke depan dapat meningkatkan aset wisata karena dengan lingkungan yang bersih pasti suka untuk datang dan meningkat jumlahnya,” kata Asisten Deputi Warisan Budaya pada Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Kemenko PMK Pamuji Lestari di sela-sela sosialisasi dan aksi GBBS di pelantaran Candi Borobudur.

Candi Borobudur dipilih, kata Pamuji yang juga Koordinator Gerakan Budaya Bersih dan Senyum, Kemenko PMK, karena menjadi salah satu warisan dunia. Selain Candi Borobudur, ada 9 DTW lain yang masuk destinasi wisata nasional. Diantaranya Labuan Bajo, Danau Toba dan lainnya. Dalam kesempatan itu, ada sekitar 200 siswa dari 5 sekolah dan 10 pendamping dari masing-masing sekolah. Meliputi SMAN 1 Kota Mungkid, SMA Muhammadiyah Borobudur, SMPN 1 Borobudur, SMPN 1 Kota Mungkid dan SMP Muhammadiyah Borobudur.

Sementara Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Marsis Sutopo menyambut baik GBBS dilangsungkan di Candi Borobudur kemarin. Diharapkan dengan melibatkan ratusan siswa sekolah ini, mereka bisa menghargai komitmen, gotong royong dan menghargai budaya nenek moyang. (Bag)

BERITA REKOMENDASI