Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air tingkat SLTP

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Animo pelajar SMP di wilayah Kota Magelang untuk mengikuti Kompetisi Roket Air tingkat SLTP se Kota Magelang tahun 2019 lebih besar dibanding tahun lalu. Hal ini dibenarkan Kepala Balitbang Kota Magelang Arief Barata Sakti disela-sela kegiatan Kompetisi Roket Air tingkat SLTP se Kota Magelang Tahun 2019 yang dilaksanakan di komplek Kantor Bakorlin Magelang, Kamis (20/06/2019).

Pada Kompetisi Roket Air tingkat SLTP se Kota Magelang Tahun 2019 ini diikuti 100 tim, yang setiap timnya terdiri 2 peserta. "Setiap SMP bervariasi jumlah timnya, ada yang mengajukan 2 tim dan ada juga yang lebih," tambah Arief.

Meskipun bentuknya berupa kompetisi roket air, lanjut Arief, tetapi dalam kegiatan ini juga terkandung teori ilmu fisika maupun lainnya. Setiap peserta juga harus menghitung sudut kemiringan, banyaknya air yang harus diisi ke dalam botol, jenis botol plastik yang dipergunakan maupun lainnya.

Dalam kegiatan ini setiap peserta tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktekkannya. Kegiatan roket air, lanjutnya, juga direkomendasikan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai kegiatan untuk mengenal masalah kedirgantaraan. "Sepintas kelihatannya sederhana, tetapi di balik itu kandungan ilmu pengetahuannya sangat besar," tambah Arief.

Kompetisi ini dibuka Inspektur Kota Magelang Sumartono SE MM dan membacakan sambutan tertulis Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT. Dalam rangkaian ini juga digelar mini pameran, flying robot, pameran teknologi, kelas mini membatik maupun lainnya. Dikatakan Arief, Kompetisi Roket Air tahun 2018 lalu diikuti 50 tim, yang setiap timnya terdiri 2 peserta. (Tha)

BERITA REKOMENDASI