Ratusan Pelaku Wisata Magelang Ikuti Rapid Test Gratis

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ratusan warga yang bekerja di sektor pariwisata, mengikuti rapid tes gratis yang diadakan Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI di obyek wisata ketep Pass, Sawangan Kabupaten Magelang, mulai Minggu hingga Selasa (30 Agustus hingga 1 September) kemarin. Tujuan dari kegiatan ini, salah satunya untuk mencegah penyebaran Virus Korona disektor pariwisata.

“Kita harus antisipasi supaya Covid-19 tidak menyebar kemana-mana. Utamanya disektor pariwisata. Karena itu, para pelakunya dirapid test dahulu, sehingga saat melayani tamu lebih tenang dan percaya diri,” kata Koordinator lapangan, Binwasnaker, Titis Mudia Palupi, disela-sela kegiatan.

Dalam kegiatan ini, ditargetkan ada 500 pekerja sektor wisata yang mengikuti rapod test. Namun hingga hari ketiga (terakhir) hanya sekitar 400 yang mengikuti. Para tenaga kerja yang mengikuti rapid tes, terdiri dari pedagang di seputar obyek wisata, perhotelan, restoran dan pengelola wisata. “Memang kami mentargetkan 500 peserta, namun capaian 400 an ini sudah sangat bagus. Yang jelas, dengan mengetahui hasil rapid testnya ini, mereka jadi lebih waspada dan jaga diri dan bisa mencegah penularannya ke warga sekitar,” katanya.

Sementara itu, dr Romauly Sirait sebagai pemeriksa menambahkan, dari ratusan yang di rapid test, ada 4 orang yang reaktif. Mereka yang reaktif akan segera ditindaklanjuti untuk di swab. “Yang reaktif belum tentu positif, bisa jadi mereka sedang masuk angin dan sejenisnya. Tetap kita tindak lanjuti,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI