Ratusan Umat Budha Iringi Penyemayaman Api Abadi

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Para biksu sangga Perwakilan umat Buddha Indonesia melakukan prosesi penyemayaman api dharma Waisak 2018 yang diambil dari sumber api alam Mrapen, Grobogan, di Candi Mendut Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu (27/05/2018).

Waisak jatuh pada Selasa (29/05/2018) besok. Dalam prosesi penyemayaman, para biksu diiringi ratusan umat Buddha termasuk Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya, Direktur Urusan Agama Buddha Kementerian Agama Supriyadi, dan Ketua Walubi Jateng David Hermanjaya.

Api dharma Waisak dari Mrapen, Kabupaten Grobogan tiba di pelataran Candi Mendut sekitar pukul 15.00 WIB. David secara simbolis menyerahkan api tersebut kepada Hartati Murdaya dan kemudian diberikan kepada para biksu untuk disemayamkan di Candi Mendut.

Para biksu bersama umat Buddha kemudian berpradaksina atau berjalan kaki mengelilingi candi tersebut tiga putaran, dan selanjutnya meletakkan api dharma di dalam candi tersebut.

Mereka lalu menuju ke tenda di pelataran Candi Mendut untuk menyalakan lilin pancawarna. Di depan altar besar dengan patung Sang Buddha dan hiasan aneka bunga dan buah-buahan di tenda itu, secara bergantian mereka membacakan parita atau doa-doa dalam ajaran Buddha. (*)

BERITA REKOMENDASI