Ratusan Warga Loano Doakan Keselamatan Bangsa

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Ratusan warga Desa Loano Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo khusyuk bermunajat di serambi Masjid Jami Al Iman Loano, Jumat (04/11/2016) malam. Tidak hanya berdoa untuk kelancaran Bersih Desa Lowano yang puncaknya akan berlangsung Minggu (06/11/2016), warga juga berdoa untuk keselamatan Bangsa Indonesia. Munajat dipanjatkan selepas ibadah salat Isya. Warga berdoa dipimpin Kyai Raden Wahid Hasyim, ulama Dusun Gembulan Loano.

Panitia bidang Mujahadah, Kyai Asmungi mengatakan, doa mujahadah dilakukan mengingat akan diselenggarakannya rangkaian upacara bersih desa atau Grebeg Lowano. "Untuk itu mari kita meminta kepada Allah SWT agar kegiatan itu berjalan lancar tanpa hambatan," tuturnya.

Kepala Desa Loano Sutanto mengemukakan, doa tersebut juga ditujukan untuk keselamatan desa. "Akhir-akhir ini banyak sekali bencana, semoga dengan doa ini Loano, dan umumnya Bangsa Indonesia, terhindar dari marabahaya," tegasnya.

Menurutnya, Grebeg Lowano merupakan kegiatan yang diselenggarakan desa setiap enam tahun sekali. Rencananya, tradisi itu diselenggarakan secara rutin sebagai salah satu potensi wisata Loano.

Setelah mujahadah, rangkaian Grebeg Lowano dilanjutkan pengajian akbar di halaman Masjid Jami Al Iman Loano, dengan pembicara KH Hasan Agil Al Baabud, pengasuh PP Al Iman Bulus Gebang pada Sabtu (05/11/2016).

Rangkaian dilanjutkan Kenduri Ageng atau arak-arakan dari Masjid Sakinah Tanuprayan hingga Masjid Al Iman Loano. "Ada banyak rangkaian kegiatan grebeg yang tentu membutuhkan dukungan masyarakat Loano," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI