Razia Lapas Magelang, Barang Larangan Diamankan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lapas Kelas IIA Magelang mengadakan razia oleh Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Lapas Magelang, Sabtu (04/12/2021). Razia dilakukan di beberapa kamar yang ditempati Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Magelang. Beberapa barang, yang seharusnya tidak berada di kamar WBP, ditemukan dan langsung diamankan.

Beberapa barang tersebut diantaranya beberapa alat pencukur kumis, beberapa korek, alat pemotong kuku, tali plastik, ikat pinggang, gelas, piring, mangkuk, sendok, botol parfum, kaca cermin, batu, besi maupun lainnya. Pecahan tempurung kelapa, amplas juga ditemukan.

Kepala Lapas Magelang Satrio Waluyo BcIP SH MSi mengatakan saat ini menghadapi akhir Tahun 2021, Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, diharapkan kondisi Lapas Magelang benar-benar kondusif. Dalam kegiatan ini juga minta bantuan Koramil sebagai salah satu bentuk sinergitas kepada aparat setempat untuk di-backup untuk acara-acara seperti ini.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan deteksi dini. Hal ini sesuai dengan anjuran Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, bahwa deteksi dini di setiap Lapas dapat berlangsung dengan baik. “Ini merupakan salah satu upaya tersebut, agar Lapas Magelang bisa dalam keadaan kondusif,” katanya.

Dalam kegiatan razia ini, Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satop Patnal) Lapas Magelang dibagi dalam beberapa kelompok, dan masing-masing melakukan kegiatan razia di beberapa kamar WBP. Sebelumnya, WBP yang menempati kamar tersebut diminta untuk keluar ruangan untuk diperiksa atau dilakukan penggeledahan di tubuh dan pakaian yang dikenakan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI