Realisasi Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jateng II Capai 39,20 Persen Dari target Rp 12,474 T

Editor: Ary B Prass

 

MAGELANG, KRJOGJA.com – Realisasi penerimaan pajak sampai semester pertama tahun 2021 di Kanwil DJP Jateng II mencapai 39,20 persen, atau sebesar Rp 4,890 triliun dari target Rp 12,474 triliun. Pertumbuhan beberapa sektor yang masih minus, dikarenakan pengaruh pandemi Covid-19, yang secara langsung berdampak terhadap perekonomian dan insentif pajak di masa pandemi.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo melalui konferensi pers secara daring kepada awak media, Senin (26/7/2021) mengatakan, pertumbuhan neto semester 1 yang secara agregat menunjukkan tren positif tersebut, masih belum diimbangi dengan pertumbuhan beberapa sektor usaha yang masih mengalami kontraksi negatif.

“Pertumbuhan beberapa sektor yang masih minus tersebut dikarenakan pengaruh pandemi Covid-19, yang secara langsung berdampak terhadap perekonomian dan insentif pajak di masa pandemi,’’ ujarnya.

Pada acara itu Slamet Sutantyo juga menyampaikan  beberapa hal terkait reorganisasi dan kinerja Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Reorganisasi dilaksanakan sesuai amanah PMK-184/PMK.01/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.01/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.

Dijelaskan, reorganisasi yang dilakukan Kanwil DJP Jawa Tengah II di antaranya adalah pembentukan KPP Madya Surakarta dengan mentransformasikan KPP Pratama Purworejo.

KPP Madya Surakarta mengadministrasikan wajib pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah II sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pajak nomor KEP-116/PJ/2021 dan mulai beroperasi sejak tanggal 24 Mei 2021.

BERITA REKOMENDASI