Regulasi Metrologi Telah Siap, Jumlah SDM Masih Minim

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Regulasi terkait kinerja metrologi secara mandiri oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen kini telah siap, pasca persetujuan DPRD Kebumen terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pelayanan Tera dan Tera Ulang di Kabupaten Kebumen pada Kamis (27/12/2018).

"Namun meskipun regulasinya telah siap, kinerjanya saat ini masih terkendala  oleh minimnya jumlah sumber daya manusianya (SDM). Dari kebutuhan sebanyak 10 orang tenaga teknis, saat ini kami baru memiliki 3 orang tenaga teknis saja," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Drs Tri Nugroho Waluyo, di ruang kerjanya, Jum'at (28/12/2018).

Kebutuhan 10 tenaga teknis tersebut menurut Tri Nugroho sangatlah wajar mengingat pelayanan tera dan tera ulang harus melayani ribuan pedagang pasar tradisional maupun pedagang lainnya di 460 desa/kelurahan di Kebumen. 

"Padahal selain peneraan terhadap alat timbangan milik pedagang, kinerja metrologi juga harus melayani peneraan ulang alat ukur milik pom bensin atau SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Kabupaten Kebumen," ujar Tri.

Menurut Tri Nugroho, sesuai amanah Perda tentang Pelayanan Tera dan Tera Ulang tersebut kinerja metrologi akan diampu oleh bidang baru di Disperindag Kebumen, yaitu Bidang Metrologi yang akan menempati sebuah gedung di Jalan Arumbinang Kebumen. 

"Sedangkan guna mengatasi minimnya tenaga teknis kami akan segera mengirimkan beberapa personil untuk dilatih di Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan di Bandung," ujar Tri.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI