Rehab Jalan Podourip -Petanahan Dianggarkan Rp 16 M

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Salah satu ruas jalan yang akan direhab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen guna menghadapi masa angkutan Lebaran 2019  adalah ruas Podourip – Petanahan yang kondisinya rusak parah.

"Dengan kondisinya yang rusak parah tersebut kami anggarkan Rp 16 miliar untuk perbaikannya," ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan  Ruang (DPUPR) Kebumen, Hanna Widiawati MT, diruang kerjanya, Kamis, (14/03/2019).

Di Kabupaten Kebumen kerusakan ruas Podourip – Petanahan sepanjang  2 kilometer ini menurut Hanna adalah yang terparah dibanding kondisi  ruas-ruas jalan di jalur Lebaran 2019 mendatang. Namun, belum sempat  diperbaiki di tahun anggaran 2018 lalu dan baru dianggarkan perbaikannya  di tahun 2019. "Lelang proyek rehabnya pada minggu keempat Maret 2019 dan pada April 2019  sudah dimulai penggarapannya," ujar Hanna.   

Ruas jalan tersebut berada di jalur jalan Dukuh Guyangan Desa Purwodeso  Kecamatan Sruweng menuju Desa/Kecamatan Petanahan  Kebumen yang termasuk  jalur alternatif Lebaran setiap tahunnya. Kondisi ruas jalan sejak Guyangan hingga sebagian ruas jalan di Podourip cukup bagus karena sudah direhab pada  tahun 2017 dan 2018 lalu.

Adapun ruas-ruas jalan yang akan digunakan sebagai jalur mudik dan balik  Lebaran 2019 diantaranya ruas Kambalan – Ambalresmi, Muktirejo – Bocor,  Kebakalan – Lembupurwo, Selokerto – Tambakmulyo dan beberapa ruas lainnya. Di ruas-ruas tersebut jenis kerusakannya adalah ringan dan sedang, mulai direhab tanpa proses lelang sejak Februari 2019 lalu, dengan dana pemeliharaan 
APBD 2019 Kebumen. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI