Relawan Bangku Ijo Sasar Milenial untuk Menangkan Jokowi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sedikitnya seratus pemuda Kabupaten Purworejo yang tergabung dalam Relawan Abang Kuning Ijo (Bangku Ijo) mendeklarasikan dukungannya pada pasangan Capres-Cawapres Ir Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, di Jackman Cafe, Rabu (30/1/2019). Mereka bertekad memenangkan paslon nomor satu itu dengan menggandeng generasi muda atau milenial. 

Koordinator Bangku Ijo, Muchamad Abdul Hamid mengatakan, relawan terdiri dari berbagai komunitas. "Basis masa kami dari komunitas santri, musik, motor, generasi muda nasionalis hingga menjadi wadah politik berbagai komunitas hobi," ujarnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Komunitas-komunitas tersebut memiliki pandangan politik yang sama dalam Pilres 2019. Komunitas, katanya, memiliki kecintaan yang sama kepada sosok Jokowi yang dinilai mamou memimpin negara dengan sangat baik.
KH Ma'ruf Amin sebagai pendamping juga dinilai memiliki keilmuan dan wawasan luas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan bangsa. "Kami melihat keduanya pasangan yang cocok dan saling melengkapi," ucapnya.

Perjuangan untuk memenangkan Jokowi akan difokuskan dengan sasaran para milenials. Menurutnya, generasi kekinian itu memiliki potensi yang besar untuk menjatuhkan pilihannya pada paslon urut satu. 

Posisi para milenial, lanjutnya, penting karena mereka kebanyakan masih sebagai swing voters atau belum menentukan pilihan. "Jumlah milenial cukup siginifikan dan belum memiliki iman politik yang kuat. Sehingga perlu disentuh dengan gerakan-gerakan yang millenial," terangnya.

Aksi nyata mengajak milenial antara lain dengan membuat konten kreatif di media sosial, sosial eksperimen dan turun ke lapangan mengenalkan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Juga ada aksi lainnya, dan yanh jelas pascadeklarasi, tim langsung bergerak meramaikan dunia maya maupun dunia nyata," tegasnya.

Untuk membiayai perjuangan, relawan mengumpulkan dana secara sukarela. Relawan membuat kaos dan dijual yang keuntungan dari hasil penjualannya digunakan untuk organisasi.(Jas)

BERITA REKOMENDASI