Remaja Masjid Jenar Kidul Latihan Membatik Kayu

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Belasan remaja Masjid Tiban Jenar Kidul di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo belajar membatik kayu. Kegiatan ini untuk mengisi waktu di tengah libur sekolah di masa pandemi Covid-19.

Mereka berlatih di bawah bimbingan Widiyanto, perajin pemilik Batik Kayu Wijaya RT 03 RW 01 Desa Jenar Kidul. “Kami dilatih secara gratis oleh Pak Widiyanto, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para remaja di Jenar Kidul,” ungkap Ketua Remaja Masjid Tiban Jenar Kidul Agung Pamungkas, kepada KRJOGJA.com, Selasa (30/6).

Menurutnya, membatik kayu adalah jenis pelatihan yang dinilai tepat karena bisa menjadi bekal keterampilan bagi para remaja. Peserta pelatihan, lanjutnya, berharap bisa mengembangkan usaha kerajinan itu dengan bekerjasama dengan Batik Kayu Wijaya, setelah kelak memasuki dunia kerja.

Selain itu, pelatihan dilakukan untuk mengisi kosongnya kegiatan belajar di sekolah selama masa pandemi Korona. “Sebenarnya iseng, tapi daripada tidak ada aktivitas, maka kami pilih mengisi dengan kegiatan positif. Kebetulan mendapat tawaran dari Pak Widiyanto, jadi peluang ini kami tangkap,” tuturnya.

Widiyanto mengemukakan, pelatihan dilakukan sejak beberapa hari terakhir. Pemuda masjid dilatih membuat pola pada bahan kayu, untuk dibuat wayang, boks tisu, gantungan kunci dan barang kerajinan lainnya.

Mereka kemudian dilatih melukis batik pada bahan kayu. “Pola tradisional dan kontemporer diajarkan kepada mereka,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI