Rendah Minat ASN untuk Menduduki Jabatan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Fenomena yang terjadi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo kini mulai berubah. Jika sebelumnya banyak jabatan yang diperebutkan, kini para aparatur sipil negara (ASN) justru enggan untuk menjadi pejabat.

“Alasannya macam-macam, ada yang sudah mau pensiun dan lainnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purworejo drg Nancy Megawati MM usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan administrasi dan jabatan fungsional di lingkungan Pemkab Purworejo di ruang Arahiwang kantor bupati setempat, Kamis (19/09/2019).

Pejabat yang dilantik sebanyak 70 orang, termasuk camat dan kepala kelurahan. Dengan dilantiknya pejabat ini, kini di kepala kelurahan dan camat sudah terisi, namun sejumlah jabatan, termasuk di lingkungan eselon II masih ada beberapa yang kosong.

Keengganan ASN untuk menduduki jabatan ini menurut Nancy Megawati, dapat dilihat dari minat para ASN untuk mengikuti seleksi jabatan. Dari beberapa penjaringan untuk menduduki jabatan tertentu, peminatnya sangat minim. Padahal banyak ASN yang sudah memenuhi syarat.

Untuk menduduki jabatan di lingkungan Pemkab ini menurut Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, sudah tidak urut kacang lagi. Namun sudah dilakukan dengan system lelang. Siapa yang mampu dan lolos seleksi itu yang berhak menjabat. “Usia muda tidak masalah, asal yang bersangkutan lolos dalam seleksi,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI