Revitalisasi Makam Cokronegoro dan Kyai Zarkasyi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Revitalisasi Makam Adipati Cokronegoro dan Kyai Zarkasyi telah selesai dilaksanakan. Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 2,2 miliar bersumber dari APBN 2020 untuk membangun akses masuk, lahan parkir dan sarana pendukung lainnya.

Tasyakuran dan serah terima pekerjaan dilaksanakan di kompleks parkir makam itu pada Selasa (05/01/2021) siang. Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiyabudi, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah Cakra Nagara, kepala sejumlah organisasi perangkat daerah, dan pemerintahan Desa Bulus. Pertemuan juga dihadiri Anggota DPR RI Komisi V Ir Sudjadi, yang mengikuti kegiatan secara daring dengan aplikasi Zoom.

Kepala BPPW Jawa Tengah Cakra Negara mengatakan, revitalisasi tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan wisata religi di Kabupaten Purworejo. “Pemerintah sekarang gencar membangkitkan sektor pariwisata sebagai jalan untuk mensejahterakan masyarakat di tengah pandemi,” ujarnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai serah terima.

Menurutnya, ada sebelas pekerjaan yang dilaksanakan dalam revitalisasi itu. Kegiatan pembangunan itu antara lain pembangunan jalan aspal 47,29 meter, jalan paving 125,59 meter, area parkir depan (minibus dan motor), jalan beton 93,2 meter, jalan paving areal belakang 112,75 meter, areal parkir belakang (bus dan minibus), jalan beton 78,63 meter.

“Juga ada pekerjaan jalan lainnya, gapura masuk, lampu penerangan jalan, dan jalan pedestrian. Kontraktor pemenang tender menyelesaikan pekerjaan pada 25 November 2020,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI Ir Sudjadi menuturkan, pengelolaan wisata religi itu harus melibatkan masyarakat setempat, sehingga manfaat kesejahteraan dapat dirasakan secara langsung. “Pengelolaannya juga pasti akan lebih maksimal,” ucapnya.

Sudjadi menegaskan bahwa Komisi V DPR RI terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah. Namun, Sudjadi juga meminta dinas cipta karya atau pekerjaan umum di daerah untuk lebih aktif berkomunikasi dengan dinas terkait di provinsi, sehingga akses bantuan lebih mudah. Selain revitalisasi makam, lanjutnya, pemerintah juga akan menyerahkan hasil pembangunan overpass Tegalgondo di Kecamatan Butuh.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengemukakan, kompleks Makam Cokronegoro dan Kyai Zarkasyi merupakan makam leluhur yang banyak dikunjungi warga masyarakat. Kompleks makam bupati pertama Purworejo dan ulama pendiri PP An Nawawi Berjan itu menjadi objek wisata ziarah yang populer di Kabupaten Purworejo.

Revitalisasi, katanya, adalah wujud penghormatan kepada leluhur yang semasa hidupnya telah memberikan sumbangan besar bagi Kabupaten Purworejo. “Oleh karena itu, menjadi tugas bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk merawat dan menjaga kedua makam ini dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI