Ribuan Bibit Pohon Ditanam Massal di Geparang

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memusatkan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Desa Geparang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Rabu (13/12). Pemerintah dan masyarakat melakukan penanaman massal kurang lebih 4.400 bibit pohon di lahan kosong desa itu.

Selain penanaman massal, pemerintah juga menyerahkan bantuan kurang lebih 50 ribu pohon. "Ini bagian dari gerakan satu orang menanam dan pelihara 25 pohon semasa hidup. Memang tidak banyak, namun manfaatnya akan sangat besar," tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Ir Sugeng Riyanto MSc.

Pemprov memilih Desa Geparang karena wilayah itu merupakan bagian hilir dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto. Menurutnya, perlu upaya peningkatan daya dukung lingkungan kawasan aliran sungai.

Selain gerakan menanam, masyarakat juga harus melakukan pemeliharaan. Tujuannya, katanya, untuk menjaga tanaman tetap tumbuh besar dan memberi manfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, untuk memasifkan kegiatan penghijauan pemerintah akan berkolaborasi dengan sektor pendidikan. "Pendidikan cinta lingkungan harus dimulai dari anak-anak. Selain belajar, mereka harus ada aksi nyata, misalnya dengan gerakan penghijauan," ucapnya.

Ditambahkan, setiap komunitas masyarakat juga diminta untuk menjadikan penghijauan menjadi sebuah gerakan. "Selenggarakan terus penanaman, misal saat penerimaan murid baru, kelulusan, wisuda dan pernikahan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purworejo Al Bambang Setyawan mengemukakan, kegiatan juga diisi dengan pelepasliaran burung dan dialog dengan masyarakat. "Masyarakat sangat antusias mengikuti," katanya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI