Ribuan Massa Sholat Jumat di Masjid An Nur

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ribuan massa peserta Aksi Bela Rohingya memadati areal Masjid An-Nur, Sawitan, Kabupaten Magelang, Jumat (08/09/2017). Mereka tidak hanya berasal dari Magelang, tapi juga dari Yogyakarta, Temanggung, Cilacap, Klaten dan lainnya. Mereka datang untuk Sholat Jumat bersama dan menggelar doa serta penggalangan dana yang akan dikirim untuk membantu para pengungsi Rohingya di Myanmar.

Terbatasnya areal Masjid An Nur, mereka terpaksa sholat dihalaman bahkan jalan raya depan masjid. Mereka menggelar kertas koran, plastik dan spanduk sebagai alas. Sholat Jumat diawali dengan khutbah oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Khudaifah. “Wujud kepedulian terhadap umat muslim Rohingya, bisa dilakukan dengan penggalangan dana dan doa bersama. Yang digaris bawahi, harus dilakukan dengan damai,” pintanya.

Usai pelaksanaan sholat Jumat, imam masjid yang juga Ketua MUI Kabupaten Magelang, Afiffudin LC, langsung mengajak jamaah untuk melaksanakan sholat ghaib dilanjutkan doa bersama. Sembari berdoa, beberapa panitia penyelenggara aksi berkeliling mengedarkan karung sumbangan, yang kemudian diisi secara sukarela oleh peserta.

"Mari kita tunjukkan kepada dunia, bahwa kita umat muslim Indonesia merupakan umat yang cinta damai. Mari tunjukkan kepedulian kita terhadap umat muslim Rohingya dengan menyisihkan sedikit rejeki kita, melalui penggalangan dana untuk dikirim kepada mereka," kata Anang Imamudin, Koordinator Aksi.

Usai aksi, ia mengaku bersyukur kegiatan berjalan sukses, tanpa adanya tindakan-tindakan yang menjurus ke pelanggaran hukum. Menurutnya, aksi solidaritas Rohingya adalah murni aksi kemanusiaan. Melalui agenda ini, pihaknya ingin membuka mata dunia, agar mereka yang berwenang bisa segera mengambil tindakan nyata, untuk menyelamatkan umat muslim Rohingya, yang kini berada dalam tekanan dan penindasan.

"Karena itu, kita memilih lokasi yang tidak jauh dari Candi Borobudur. Semua orang tahu, Candi Borobudur merupakan ikon internasional, sehingga pesan yang kita sampaikan bisa sampai ke seluruh penjuru dunia," katanya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI