Ribuan Penari Kumpul, Even Budaya se Kedu Bakal Digelar di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sekitar 6.000-an penari bakal memeriahkan gelar tari Dolalak massal yang akan digelar di Alun-alun besar Kabupaten Purworejo. Kegiatan yang akan berlangsung, Sabtu (14/9/2019) sore besok sekaligus dirangkai dengan even gelar budaya bersama se eks Karesidenan Kedu.

“Dalam even budaya bersama ini, masing-masing kabupaten akan menampilkan kesenian andalannya,” kata Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwisata (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP, Jumat (13/9/2019).

Dalam even ini, Purworejo selain akan menampilkan Dolalak massal juga akan menampilkan seni tradisional Cing Poling dan lainnya.

Sekitar 6.000 penari Dolalak ini menurut Agung Wibowo, berasal dari para penari mulai dari murid SD hingga SLTA, kelompok Seni Dolalak de kabupaten dan umum. “Dalam acara ini siapapun boleh ikut menari termasuk penonton. Bahkan dari Kodim 0708 Purworejo sudah minta untuk bergabung,” katanya seraya menambahkan, penari umum tidak harus berpakaian kesenian Dolalak. Bebas yang penting menari.

Sedang para penari yang disiapkan ini lanjut Agung Wibowo, tidak asal-asalan. Mereka sudah menjalani latihan secara serius, sehingga sudah terbentuk dan tariannya sudah teratur. Usai pagelaran Dolalak massal, akan dilanjutkan dengan gelar budaya bersama se Kedu dimana masing-masing kabupaten/kota akan menampilkan kesenian andalannya. diantaranya dari Kota Magelang akan menampilkan Tari Kipas Sejuta Bunga, Kabupaten Magelang dengan Tari Soreng, Kebumen Cepetan Alas, Temanggung Jaran Kepang, dan Wonosobo Tari Tenong Sekar Langit, serta tuan rumah Purworejo akan menampilkan Tari Seminggu.(Nar)

BERITA REKOMENDASI