Ribuan Pesepeda Ikut Gowes Pesona Nusantara

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sedikitnya 4.500 pesepeda mengikuti Gowes Pesona Nusantara yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Purworejo, Minggu (3/9/2017). Mereka menempuh perjalanan sekitar 25 kilometer dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo hingga Pantai Jatimalang Purwodadi.

Kegiatan tersebut merupakan program Kemenpora dalam mengkampanyekan gemar bersepeda kepada masyarakat. "Purworejo menjadi bagian dari 100 kabupaten/kota di Indonesia yang ikut serta menyelenggarakan Gowes Pesona Nusantara," kata Basuki Budi Raharjo, Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Purworejo, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, kegiatan diawali dengan prosesi penyerahan air dan tanah asli Purworejo dari bupati kepada pejabat perwakilan Kemenpora. Air dan tanah itu akan diarak dan nantinya akan diserahkan kepada Presidem Joko Widodo dalam puncak acara gowes di Magelang.

Aksi bersepeda massal, katanya, juga berujuan untuk memperkuat pendidikan kebhinekaan dan membuka ruang dialog antarwarga dalam menyelesaikan perselisihan. Selain itu, sebagai upaya sosialisasi menyongsong Paragames 2017 dan Asian Games 2018.

Setelah prosesi penyerahan tanah dan air serta sambutan, ribuan pesepeda dilepas Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM. Mereka mengambil rute Pendopo – Jalan Urip Sumoharjo – Lengkong – Bajangrejo – Angkruk Ketip – Kecamatan Ngombol – Wasiat – Laban – Jruken – Tanjungrejo – Jatimalang. Sementara 15 pesepeda tim Gowes Pesona Nusantara dari Kemenpora, melanjutkan perjalanan menuju Kulonprogo.

Sampai di Pantai Jatimalang, peserta gowes dihibur kesenian khas Purworejo. Kupon pendaftaran juga diundi dengan hadiah utama sepeda motor.

Bupati Purworejo menuturkan, olahraga bersepeda memiliki tempat dalam hati masyarakat. Terbukti menjamurnya klub dan komunitas penggemar sepeda, mulai sepeda tua hingga gunung.

Dikatakan, bersepeda harus menjadi budaya masyarakat karena selain menyehatkan juga mengurangi polusi. Adapun ajang Gowes Pesona Nusantara, katanya, dapat menjadi sarana promosi wisata Kabupaten Purworejo. "Termasuk saya punya angan-angan menyelenggarakan even sepeda tiga negara, melibatkan Indonesia, Singapura dan Malaysia.
Rangkaian kegiatan kali ini dan gagasan itu semua untuk mendukung program Romansa Purworejo 2020," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI