Ribuan Peziarah Padati Makam Imam Puro

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Ribuan peziarah memadati makam KHR Imam Puro di Bukit Geger Menjangan Kelurahan Baledono Kecamatan/Kabupaten Purworejo. Mereka bergantian membaca tahlil, berdoa untuk ulama besar yang merupakan guru para kiai Purworejo.

Umat islam berziarah ke makam itu sejak memasuki bulan Ruwah dalam perhitungan Jawa. "Saya sudah tiga kali Ruwah ziarah ke makam Kiai Imam Puro, ziarah merupakan tradisi kami menjelang datangnya bulan Ramadan," ujar Nurkholis, peziarah warga Desa Gondowulan Kepil Wonosobo, kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/5/2017).

Kedatangan ke makam Imam Puro merupakan puncak kegiatan ziarah. Sebelumnya, Nurkholis dan puluhan peziarah dari Kecamatan Kepil datang ke makam ulama di Desa Maron Loano Purworejo.

Peziarah warga Desa Pakisarum Bruno Jumariyah mengaku datanga hanya untuk memanjatkan doa di makam tersebut. Mereka berdoa dipandu ustaz yang juga berasal dari Bruno. Pulang ziarah, mereka bawa oleh-oleh air sumur tiban peninggalan KHR Imam Puro.

Pedagang tiban di kompleks maka, Hariyati mengatakan, dagangannya laku keras sejak makam ramai dikunjungi peziarah. Peziarah kebanyakan memberi mahar Rp 2.000 untuk mendapat sebotol air sumur tiban.

"Istilahnya air tidak kami jual, peziarah hanya mengganti beli botol air mineral saja. Sehari sedikitnya 200 botol yang dimahari peziarah," terangnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI