Ribuan Umat Ikuti di Pelataran Candi Borobudur

MAGELANG, KRJOGJA.com – Perayaan Asalha Mahapuja 2563 BE Tahun 2019 dilaksanakan di pelataran barat Candi Borobudur, Minggu (14/7/2019) sore hingga malam.

Ribuan umat dari banyak daerah mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya datang dari wilayah Magelang, tetapi banyak juga yang dari luar Magelang. Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Sebelum mengikuti acara di pelataran Candi Borobudur, mereka mengikuti prosesi jalan kaki dari Mendut menuju pelataran barat Candi Borobudur. Beberapa kendaraan hias, bahkan ada juga yang berbentuk seperti kereta kencana, juga ikut mewarnai prosesi ini. 

Arus lalu lintas menuju ke Mendut atau Borobudur pun sempat mengalami pengalihan, khususnya ketika prosesi berlangsung. Dari simpangtiga samping Masjid An-Nur Sawitan, kendaraan dari arah utara dialihkan menuju ke kanan untuk menuju ke Borobudur dengan lewat daerah Sigug Bumiharjo Borobudur.

Setelah prosesi usai, arus lalu lintas kembali normal. Sebuah tarian, Tari Mahapuja, juga ditampilkan di awal acara di pelataran Candi Borobudur. Tari ini dibawakan beberapa penari Buddhis dari Pemuda Theravada Indonesia (Patria) Provinsi Bali. Tarian ini sudah pernah ditampilkan di Bodhgaya India pada Bulan Februari 2019 lalu.

Dalam rangkaian perayaan Asalha Mahapuja 2563 BE Tahun 2019 ini juga disampaikan khutbah oleh Ketua Penasihat Panitia Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) 2019 dan Asalha Mahapuja 2563 BE, sekaligus Sanghapamokha atau Kepala Sangha Theravada Indonesia (STI) Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Agama RI juga menyampaikan sambutannya di forum ini. Menteri Agama RI diwakili Dirjen Bimas Buddha Caliadi SH MH, yang juga membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin.  

Gubernur Jawa Tengah diantaranya mengatakan semakin dapat mendalami akan semakin dapat mengetahui hakekat hidup, hakekat berkeluarga antar sesama, dan ada persoalan-persoalan kemanusiaan yang harus beres dimulai dari diri sendiri. Kalau perasaan itu dapat dijaga bersama, terasa akan sangat indah. (Tha)

BERITA REKOMENDASI