RKPD Landasan Operasional SKPD

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Pemkab Magelang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar konsulasi publik terkait Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019. Tujuan dari kegiatan ini, diantaranya untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RKPD 2019 yang saat ini sedang dalam penyusunan. Kemudian memberikan landasan operasional bagi seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dalam menyusun rencana kerja (Renja) 2019.

“RKPD ini juga untuk pedoman menyusun kebijakan umum APBD serta prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2019, sebagai dasar penyusunan rancangan 2019. Kemudian juga untuk menjamin keterkaitan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan. Terakhir juga sebagai petunjuk operasional bagi penyelenggara pembangunan,” kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP dalam sambutannya yang dibacakan Plt Sekda, Drs Eko Triyono, di Ruang Bina Praja Selasa (9/01/2018).

Dalam tahapan pembangunan jangka menengah 2014-2019, lanjut Bupati, tahun 2019 termasuk dalam tahap akselerasi. Dimana, ditekankan kembali pentingnya evaluasi pembangunan dalam rangka menentukan program pembangunan yang harus diprioritaskan pada tahap akhir pelaksanaan RPJMD. “Penyusunan RKPD melalui proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi dan seleksi usulan program yang terpadu dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) dari tingkat desa, kecamatan, rapat teknis, forum SKPD, farum rumpun SKPD dan musrenbang kabupaten,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Bappeda Kabupaten Magelang, Gunawan Yudi Nugroho dalam laporannya mengatakan, materi yang dibahas dalam forum konsultasi publik ini adalah rancangan awal RKPD tahun 2019 yang telah disusun secara teknokratik. Sedang peserta kegiatan ini, terdiri dari SKPD, instansi vertikal, perguruan tingi, LSM, organisasi maupun organisasi masyarakat. “Ada 113 undangan yang kami kirim,” imbuhnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI