Rokok Ilegal, Tembakau Iris dan Liquid Vape Dimusnahkan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 557.639 batang rokok, 20.005 gram tembakau iris, 3.560 mililiter Liquid Vape dan 93.490 mililiter Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA), yang semua barang ini senilai Rp 577.109.045, dimusnahkan Bea Cukai Magelang, Kamis (25/3/2021). Pemusnahan ada yang secara simbolik dilakukan bersama-sama di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Magelang atau Kantor Bea Cukai Magelang, baik oleh Kepala KPPBC TMP C Magelang Heru Prayitno, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang Drs Basirul Hakim maupun lainnya. Pemusnahan ada juga yang dilakukan di lokasi lain.

Peredaran barang kena cukai (BKC) ilegal merupakan salah satu hal yang secara terus-menerus diawasi bea cukai. Tidak hanya melakukan pengawasan, berbagai penindakan dilakukan di daerah-daerah produksi dan distribusi produk barang kena cukai berupa tembakau dan minuman MMEA di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya melindungi masyarakat dari bahaya barang kena cukai ilegal, serta merupakan upaya nyata dalam mengamankan hak negara dalam bentuk penerimaan di bidang cukai.

Ikut ambil bagian dalam komitmen untuk memberantas peredaran barang kena cukai ilegal, termasuk mengkampanyekan “Gempur Rokok Ilegal”, Bea Cukai Magelang secara gencar melakukan berbagai penindakan dari periode Bulan November 2019 hingga Januari 2021 di seluruh wilayah pengawasan Kantor Bea Cukai Magelang.

BERITA REKOMENDASI