RSUD Dr Tjitrowardojo Komitmen Peningkatkan Mutu Pelayanan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Izin operasional sebuah rumah sakit merupakan izin yang diberikan pejabat yang berwenang sesuai kelas rumah sakit kepada penyelenggara atau pengelola rumah sakit, untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang setelah memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

Pengurusan perpanjangan izin operasional rumah sakit minimal sudah dilaksanakan enam bulan sebelum izin operasional berakhir. “Izin operasional rumah sakit merupakan hal yang paling krusial karena menyangkut keseluruhan legalitas proses pelayanan kesehatan kepada pasien dan pengunjung rumah sakit,” kata Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo drg Gustanul Arifin MKes, Jumat (27/12/2019).

Di sela-sela menerima tim visitasi perpanjangan izin operasional RSUD Dr Tjitrowardojo di aula RSUD setempat Gustanul Arifin menjelaskan, bahwa izin operasional RSUD Dr Tjitrowardojo akan habis masa berlakunya, maka jauh sebelumnya sudah mengajukan perpanjangan. “Kami bersyukur RSUD ini langsung dilakukan visitasi untuk perpanjangan izin operasional,” tandasnya.

Sedang tim visitasi terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jateng, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jateng, Dinkes Purworejo, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purworejo.

Gustanul Arifin juga menyebut berbagai usaha telah dilakukan dan dipersiapkan, mulai dari koordinasi dengan pihak-pihak terkait hingga  memenuhi berbagai penilaian dan persyaratan yang telah distandarkan. “Kami juga berharap ada masukan dari tim untuk kita jadikan bahan evaluasi agar kedepannya bisa lebih baik,” katanya seraya berharap, ada merekomendasikan untuk perpanjangan izin operasional RSUD yang dipimpinnya.

Kepala Dinkes Purworejo dr Sudarmi mengatakan, sesuai regulasi visitasi perpanjangan izin operasi RSUD dilaksanakan setiap lima tahun. (Nar)

BERITA REKOMENDASI