RSUD Temanggung Rawat 44 Pasien Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Direktur RSUD Temanggung dr Tetty Kurniawati mengatakan RSUD Temanggung saat ini merawat 44 pasien Covid-19. Pasien tersebut mengalami perkembangan kesehatan yang baik dan sebagian masih menunggu hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab yang menyatakan negatif untuk diperbolehkan pulang.

“Sabtu hari ini ada 44 orang yang di rawat di RSUD Temanggung. Kami juga telah memulanglah 8 pasien karena dinyatakan sembuh atau negatif pada tes PCR,” kata dr Tetty Kurniawati, Sabtu (16/05/2020).

Dia mengatakan sejumlah pasien diajak dokter spesialis paru yang merawat untuk senam bersama. Lokasi senam berada diatas salah satu gedung RSUD yang dipandang aman, terbuka, terpapar sinar matahari dan dapat melihat pemandangan Kota Temanggung.

Senam, katanya dimaksudkan untuk meningkatan imunitas pasien selain membuang kejenuhan, sebab pasien mulai jenuh karena hanya berada di dalam kamar. Senam ini dilakukan secara bergilir, dan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan instruktur memakai APD.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Gotri Wijiyanto mengatakan terdapat penambahan konvirmasi positif berdasar hasl PCR sebanyak 3 orang sehingga kini jumlah pasien menjadi 40 orang, dengan keseluruhan penderita 52, atau ada 12 pasien yang telah sembuh. “Dari 40 pasien, tranmisi luar sebanyak 26 dan transmisi lokal 14 orang,” kata dia.

Dia mengatakan ODP selesai pemantauan terdapat 22 orang, ODP bertambah 1 dan PDP bertambah 4 orang. Sedangkan 3 pasien positif Covid-19 terinci 2 tranmisi lokal di Kecamatan Kandangan dan 1 tranmisi luar di Kecamatan Temanggung.

Dia menandaskan perlunya kedisiplinan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan untuk memutus penularan virus corona di Temanggung, diantaranya penerapan sosial distancing, tetap berada didalam rumah dan jika terpaksa beraktivitas di luar rumah untuk masker, sering mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan bergizi. (Osy)

BERITA REKOMENDASI